Template information


Home » » Bahan Pamor Keris

Bahan Pamor Keris

Bahan Pamor Keris
Bahan Pamor Keris ada empat macam yang sering digunakan dalam pembuatan keris, dan tosan aji lainnya. Tiga diantaranya adalah bahan alami, sedangkan bahan pamor yang keempat adalah unsur logam nikel yang telah dimurnikan oleh pabrik.


Pamor Sanak
Bahan pamor yang tertua adalah bahan keris dari dua atau beberapa senyawa besi yang berbeda. Senyawa besi yang berbeda komposisi unsur-unsurnya itu didapat dari daerah yang berbeda. Dari bahan pamor ini, pamor yang terjadi dinamakan pamor sanak.


Batu Meteor
Bahan pamor lainnya adalah batu bintang atau batu meteor. Penggunaan bahan meteorit untuk bahan pamor bukan hanya dilakukan oleh para empu di Pulau jawa, melainkan juga di daerah lain di Indonesia. badik batu dan Mandau batu, misalnya, dibuat oleh orang Sulawesi dan Kalimantan.
Bassi Pamoro
Di Sulawesi ,selain batu bintan atau batu meteor, ada bahan pamor lain yang banyak terdapat di daerah Luwu. Bahan pamor dari Luwu ini kemudian menjadi komoditi dagang antarpulau, bahkan juga dikenal dan diperdagangkan di Singapura, Semenanjung Malaya dan Thailand. Mereka mengenalnya sebagai pamor Luwu atau Bassi pamoro.

Nikel
Jenis bahan pamor yang terakhir adalah nikel. Beberapa puluh tahun yang lalu, nikel lebih sering dijupai bercampur dengan unsur logam lainnya, biasanya dengan besi. Tetapi saat ini, mudah didapat nikel murni yang dijual kiloan dalam bentuk lempengan-lempengan setebal kira-kira 1,5 cm.

Dari keempat macam bahan pamor tersebut, batu meteor lah yang terbaik, karena bahan itu mengandung titanium yang banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan pamor lainnya.
Jenis-Jenis Pamor

Ditinjau dari teknik pembuatannya, dikenal ada dua macam pamor, yaitu pamor mlumah dan pamor miring. Dibandingkan pamor miring, pamor mlumah lebih mudah pembuatannya dan risiko gagalnya lebih kecil. Nilai mahar (harga) keris berpamor mlumah biasanya lebih rendah dibandingkan keris yang berpamor miring.
Sedangkan ditinjau dari cara terjadinya pamor itu, macam-macam motif pamor dibagi dalam dua golongan besar, yakni pamor tiban atau pamor jwalana, dan pamor rekan atau pamor anukarta.

Adapun yang termasuk dalam golongan pamor tiban adalah jenis motif atau pola gambaran pamor yang terjadi bukan karena diatur atau direkayasa oleh sang empu, dianggap sebagai anugerah Tuhan. Pola pamor golongan ini diantaranya adalah Wos Wutah, Ngulit Semangka, Sumsum Buron, Mrutusewu dan Tunggak Semi.

Sedangkan yang digolongkan dalam pamor rekan adalah pamor yang pola gambarannya dirancang atau direkayasa lebih dahulu oleh Sang Empu. Yang masuk dalam golongan ini antara lain, Pamor Aded, Lar Gangsur, Ron Genduru, Blarak Ngirid, Ri Wader dan Naga Rangsang.
Source; Berbagai Sumber 

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger