Template information


Home » » Tips membuat roti empuk dan enak

Tips membuat roti empuk dan enak


Tips membuat roti empuk dan enak
Thursday, February 24th, 2011 | Info kuliner

Dihari yang fitri, adalah hari yang suci. Hari yang penuh dengan kenikamtan dan anugerah dari allah. Sebetulnya kesempantan untuk meminta maaf pada seseorang tidak harus dilakukan dihari lebaran saja, tapi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dihari itulah umat islam merayakan hari besarnya, melaksanakan sholat idul fitri dan bersalam salaman saling memaafkan. Dan juga dihari itu hari yang penuh dengan kue, setiap rumah pasti ada. Dengan melihat begitu banyak kue sehingga kita engan memakannya. Jadi mungkin perlu kreatifitas untuk menyajikan menu lain dari pada yang lain baik dari rasa dan modelnya, bila para ibu ingin buat kue roti yang enak dan empuk berikut ada sedikit tips membuat roti yang empuk dan enak :
a. Aduklah bahan2 kering terlebih dahulu hingga rata,kemudian baru masukkan telur setelah tercampur baru masukkan air jangan langsung, tapi bertahap sampai adonan menjadi kalis alias menyatu atau tidak lengket lagi.
Gambar ini merupakan gambar adonan roti empuk

Adonan roti

b. Setelah adonan menyatu atau kalis baru masukkan mentega dan garam. Catatan: Jangan mencampur mentega dan garam bersamaan dengan bahan2 kering sebelum adonan kalis ya karena akan menyebabkan adonan tidak mengembang atau lamaaaa mengembangnya.

c. Kalau menggunakan mixer khusus Roti atau Mixer besar seperti Bosch atau Kitchen Aid proses keseluruhan hanya memakan 20 menit. Sedangkan jika menggunakan tenaga manual alias tangan, prosesnya bisa mencapai 30-40 menit sampai adonan dirasa kalis elastis.Bagaimana tanda adonan kalis elastis??? Adonan jika ditarik tidak putus atau jika kita mempulung adonan menggunakan tangan ,terasa ada ruang kopong ditengah adonan yang kita pulung.

d. Setelah kalis elastis, Tutup dan diamkan adonan roti hingga mengembang 2 x dari ukuran semula kira-kira 30 menit, tergantung cuaca pada saat kita membuat roti.

e. Kempeskan adonan yang sudah mengembang 2 x, timbang, isi dan bentuk adonan sesuka hati..

f. Diamkan kembali adonan roti yang sudah terbentuk, dan diamkan kembali kurang lebih 60 menit

h. Poles dengan kuning telur atau susu evaporated,beri topping dan siap panggang kurang lebih 15 menit suhu 190 derajat Celcius.

Sumber : popunews.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger