Template information


Home » » Trik menghadapi ulangan/ujian (UN)

Trik menghadapi ulangan/ujian (UN)


Ujian sering di identikkan dengan ujian ketika kenaikan kelas/tingkat, dan umumnya calon peserta ujian kebingungan dalam menentukan langkah apa yang harus ditempuh dalam menghadapi hal seperti tersebut diatas, berikut terik-terik yang mungkin bisa untuk dijadikan pegangan bagi calon peserta ujian :
Tips dan Trik Menghadapi Ujian Nasional

1. Mempersiapkan materi pelajaran dari jauh hari. Salah jika pada saat ujian belajar dengan mati-matian sampai kurang tidur. Laksanakan ujian dengan badan yang fit, hindari belajar sampai larut malam, atau bahkan pagi untuk belajar mata pelajaran yang akan diujikan esok harinya. Yang tepat adalah mempersiapkan dari awal, sehingga pada hari H lebih tenang dan fresh.
Untuk mengurangi tingkat kelupaan, pada hari H Ujian Nasional, hindari belajar yang berat, belajar yang ringan-ringan saja, agar tidak terlalu banyak yang dilupakan apa yang telah dipelajari sebelumnya.
2. Memilih waktu yang tepat untuk belajar. Waktu yang tepat belajar sangat penting. Kapan belajar itu yang mudah diserap, sehingga apa yang dibaca menjadi ilmu yang kuat melekat dalam otak. waktu yang sangat baik adalah menjelang subuh. Sore selepas sholat isyak istirahat yang nyaman, sekitar jam 3 bangun, ambil wudhu, sholat sunnat walau dua rakaat, baru belajar. Insya Allah akan lebih mudah dicerna apa yang dipelari.
3. Kurangi aktivitas-aktivitas yang kurang penting, ini dilakukan agar kondisi tubuh serta kejiwaan tidak samapai terporsir untuk hal-hal yang kurang penting tersebut.

Tiga tips diatas adalah ikhtiar. Yang terpenting adalah tips dan trik berikut ini;

* Berdoa dan pasrah kepada Allah. Manusia sepandai apapun tidak memiliki kekuatan sama sekali. Apa yang dapat orang pintar lakukan, jika pada waktu ujian Allah mengehendaki mereka merasakan kantuk yang luar biasa, atau pada hari pelaksanaan Ujian Nasional harus pusing dan tidak dapat mengikuti Ujian Nasional. Berdoa bukan malam hari saja, sebelum masuk ruang, sebelum mengerjakan, biasakan memulai dengan doa. Insya Allah apa yang tidak diketahui akan dibukan oleh Allah
* Mohon dukungan doa dari kedua orang tua. Jika kedua orang tua masih ada, mintalah doa dari mereka. Sudah dijelaskan dalam pelajaran agama, bahwa kerelaan orang tua dalah rela Allah, dengan memohon kerelaan kedua orang tua, semoga Allah ridho sehingga Ujian Nasional dapat dilaksanakan dengan baik dan hasil yang maksimal. Mintalah ridho kedua orang tua sebelum berangkat menuntut ilmu, sebelum melaksaakan ujian.

* rajin-rajinlah membuat ringkasan pelajaran serta menggaris bawahi setiap kata-kata kunci dari apa yang kita pelajari, ringkasan itu gunanaya adalah agar kita tidak kesulitan membolak balik lembaran buku pelajaran yang relatif tebal, dengan memiliki ringkasan maka pokok-pokok pengting pelajaran akan sangat membantu ketika mengulangi pelajaran yang telah mendekati hari H nya.

Ini merupakan tips ringan dan sederhana yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional, dan pada Pelaksanaan Ujian Nasional.

Dengan tips dan trik tersebut, tidak perlu repot membuat contekan, tidak perlu repot tolah toleh mencari contekan. Segalanya akan berjalan lancara, alat tulis akan bergerak otomatis. Insya Allah
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger