Template information


Home » » Hikmah dibalik Af’al (perbuatan) Allah SWT

Hikmah dibalik Af’al (perbuatan) Allah SWT


Sifat alamiah manusia selalu ingin menjalani hidup tanpa hambatan serta rintangan apapun, terkadang kehendak Yang Maha Kuasa pun sering kita protes, meskipun dibalik itu tersimpan mutiara rahasia yang tidak mampu kita uraikan dengan hanya mengandalkan kekuatan akal yang memang memiliki cakupan yang sangat terbatas.
Cerita nyata berikut ini mungkin menjadi ilustrasi.
Adalah seorang kepala keluarga yang telah dengan susah payah berusaha mencari kenderaannya yang hilang, sampai bertemu seorang yang dianggapnya mampu memberi jalan terang atau sekurang-kurangnya, memberikan solusi bagi permasalahan yang dialaminya yakni sahabat dekatnya sendiri.
          Solusi yang di peroleh dari temanya tersebut yakni;  
“Anda harus bersabar..!, dibalik permasalahan anda itu pasti ada hikmahnya”
          Adalah persis seperti yang sering kita dengar baik dari kaum kerabat, maupun dari sang kyai atau ustadz sepuh kita yang mencoba memberikan solusi singkat bagi permasalahan yang kita alami.
          Namun apakah semua orang puas..? jawabanya adalah “mungkin” bagi orang yang memiliki kelapangan hati alias ridho dengan ketentuan Sang Khaliq, namun itupun tentunya melalui proses yang lama, atau cukup singkat bagi sebagian orang yang mau menyadari bahwa segala sesuatu yang kita miliki pada hakekatnya adalah barang titipan yang sewaktu-waktu akan di ambil kembali, atau ibarat seorang tukang parkir yang harus rela apabila sejumlah kenderaan koleksinya harus di bawa pemiliknya sampai tidak tersisa satupun.
          Sebagai manusia biasa, sambil berlalu dan dengan hati yang lumayan dongkol dia pergi meninggalkan sang teman
          Sang teman cukup puas karena merasa mampu menasehati sahabat karibnya yang kehilangan tersebut.
namun beda dengan orang yang dinasehati tersebut, merasa hanya diceramahi dengan kata-kata kosong yang menurutnya hanyalah sebuah igawan yang sama sekali tidak mengandung arti, yang boleh dikata sebagai solusi yang kurang bertanggung jawab dari pribadi yang putus asa serta tidak mampu berbuat banyak.
          Dengan melalui berbagai cara yang menurutnya memang mesti dilakukan serta entah bagaimana caranya akhirnya kenderaan yang hilang tersebut kembali didapatinya.
Dengan perasaan gembira dan tanpa mengabari teman karibnya yang menurutnya telah gagal membantunya, orang tersebut menjalani hari-harinya bersama harta yang dia banggakan tersebut.
Beberapa saat kemudian sang pemberi nasehat mendengar juga berita itu, namun berupa kebahagiaan yang berganti musibah, kenderaan yang sempat hilang tersebut di lindas kereta api berikut anak serta istrinya yang tercinta, beruntung jiwanya masih tertolong, dan masih dapat memaknai nasehat serta petuah karibnya dulu.
Hanya satu kata terucap “Coba seandainya kenderaan tersebut hilang selamanya, atau saya tidak pernah memiliki kenderaan itu sama sekali”.
Barang kali itulah makna petuah sang karib meskipun  hanya dianggap angin lalu bagi sifat alamiah manusia.
Kita sebagai mahluk sering larut dalam kesedihan dan kekecewaan bahkan tidak sedikit yang  menganggap Tuhan itu kejam lantaran tidak siap menerima  segala ketentuan yang berlaku atas kita, meskipun dibalik itu ada rahasia besar yang tersebunyi demi kebaikan kita sendiri.
Oleh: Slim
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger