Template information


Home » » Tips menghilangkan kantuk di kelas

Tips menghilangkan kantuk di kelas


Mengantuk terkadang sangat mengganggu aktivitas kita, terlebih ketika sedang belajar di kelas, namun ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menaklukkan rasa kantuk tersebut antara lain :
1.      Membasuh muka
Dinginnya air saat mengenai wajah akan membantu mengusir rasa kantuk. Mintalah izin kepada guru untuk keluar kelas sebentar guna membasuh muka. Basuhlah muka beberap kali sampai terasa segar. Lalu, belalakkan mata dan sadari bahwa kita sedang berada di sekolah.
2.      Mengubah posisi duduk
Cara duduk juga ternyata bisa mempengaruhi rasa kantuk, duduk bersender, misalnya, membuat kita semakin nyaman dan akhirnya mengantuk. Oleh karena itu, usahakan duduk tegak karena hal itu dapat mengurangi rasa kantuk.
3.      Melakukan senam ringan
Saat rasa kantuk menyerang, segera lakukan senam ringan, yaitu dengan menggerakkan beberapa anggota badan dalam posisi duduk. Lakukan gerakan menggelengkan kepala mengibaskan tanggan, dan menggerakkan kaki. Senam ringan seperti ini mampu menghambat kerja syaraf kantuk.
4.      Minta tolong teman sebangku
Untuk mengusir rasa kantuk, kita juga bisa meminta tolong kepada teman sebangku. Misalnya, mintalah dia untuk mencubit atau mengagetkan kita saat mengantuk. Karena, terasa kaget dan sakit, kita pun jadi segar kembali.
5.      Bertanya kepada guru
Salah satu cara mengusir rasa kantuk adalah dengan melakukan kegiatan. Jadi, saat berada didalam kelas, usahakan untuk giat bertanya atau mengajukan diri maju ke papan tulis untuk menjawab soal latihan. Kita bisa bertanya tentang hal yang belum kita fahami atau meminta guru menggulangi penjelasannya. Rasa kantuk hilang, kita pun akan jadi tambah pintar.
6.      Mencium bebauan segar
Bebauan yang segar seperti cologne, juga dapat menyegarkan syaraf kita dan mengusir rasa kantuk. Hirup perlahan bebauan tersebut supaya merangsang peciuman kita, sehingga rasa kantuk pun hilang. Nah, karena bebauan seperti ini cukup ampuh mengusri rasa kantuk, sebaiknya sediakan selalu benda berbau segar di dalam tas kita.
7.      Pergunakan untuk berfikir
Pernahkah anda merasa tidak dapat tidur karena memikirkan sesuatu hal penting yang sedang dihadapi serta memerlukan solusi untuk menyelesaikannya, tentu kita sulit sekali memejamkan mata kita. Ternyata trik ini tidak kalah ampuh dalam mengusir rasa kantuk yakni dengan cara menggunakan otak untuk berfikir karena dengan dipakai berfikir maka syaraf otak  kita akan ikut bergerak aktif, usahakan dengan cara memikirkan pelajaran yang sedang berlanjut, misalnya mencari solusi terhadap jawaban dari pertanyaan guru atau menalarkan materi pelajaran yang telah dijelaskan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger