Template information


Home » » Tips Trick Memilih Furniture dari Bahan Kayu Jati

Tips Trick Memilih Furniture dari Bahan Kayu Jati

Hingga saat ini, peran kayu dalam industri furniture belum tergantikan, terbukti semakin banyak orang menggemari kayu jati baik didalam negeri maupun luar negeri, hal itu dikarenakan bahan kayu dalam pembuatan furniture mempunyai beberapa kelebihan. Tak bisa dipungkiri bahwa kayu merupakan bahan yang unik dan mengandung nilai seni terutama jika berhubungan dengan ukiran disamping membawa nuansa etnik dan tradisional, karakter kayu ini adalah kuat, awet dan indah. Keawetan kayu jati sebagai bahan pembuatan mebel telah teruji kuat puluhan tahun hingga dasawarsa. 
Banyak orang puas memiliki furniture jati karena tetap bagus walau telah dipakai hampir selama setengah abad. Warna dasar kayunya sendiri adalah coklat muda, coklat merah tua hingga coklat kelabu. Meskipun kuat dan keras, kayu ini bisa dipotong dan dikerjakan dengan mudah. Setelah furniture jadi dan mulai diampelas, maka akan terlihat permukaan yang licin seolah-olah berminyak. Namun demikian, teknik yang baik dan kondisi kayu juga sangat menentukan. Kadar air berlebihan dapat menyebabkan kayu tidak benar-benar kering sehingga mengakibatkan kayu terus bergerak, menyusut bahkan mengembang. Hal ini sangat bergantung pada kondisi cuaca. Harga furniture jati relatif mahal dan berat, sehingga dibutuhkan beberapa orang untuk mengangkatnya.
Pada umumnya mebel lebih banyak terbuat dari bahan dasar kayu jati dan mahoni. Namun demikian pilihan utama dalam pembuatan mebel tetaplah kayu jati, hal ini dikarenakan kayu jati memiliki keunggunlan lebih jika dibandingkan dengan kayu mahoni atau kayu lainnya. salah satunya adalah, karena kayu jati tidak disukai rayap, sehingga kayu jati terhindar dari serangan rayap yang biasa menyerang kayu-kayu lainnya.
Disamping itu kayu jati memiliki serat yang kuat sehingga sangat kokoh ketika digunakan untuk pembuatan mebel kayu. Namun demikian sebelum kita memutuskan untuk memiliki peralatan rumah atau furniture dari kayu jati kita tetap harus mengetahui serta dapat memilih mebel atau furniture yang terbuat dari kayu jati yang berkualitas, karena terkadang ada juga mebel atau peralatan rumah yang terbuata dari kayu jati yang tidak memenuhi standar, sehingga hasilnya kurang maksimal.
berikut ini beberapa Tips dan trick memilih Mebel jati berkualitas :
Kayu Jati yang sudah tua
Sebisa mungkin memilih mebel jati dengan menggunakan bahan kayu jati yang tua, keriteria kayu jati yang sudah tua diantaranya serat kayu yang padat, berat kayu juga lebih berbobot, warna kayu coklat kemerah-merahan dan merata.

Finishing Produk Bagus dan bekualitas
Untuk mengetahu finishing produk mebel atau furniture dari jati yang bagus ialaha melihat produk mebel ialah dengan cara melihat warna yang merata di semua produk, finishing tebal dan juga semua pori-pori kayu tertutup oleh finishing. dan sebisa mungkin menggunakan bahan finishing terbaik tentunya. Untuk mengetahuinya rabalah produk dari jati tersebut, jika finishingnya bagus, maka produk akan sangat halus ketika di pegang. permukaan mebel papan juga tidak bergelombang.

Kontruksi Mebel harus kuat
Bagus tidaknya sebuah kontruksi dari produk mebel jati dapat dilakukan dengan cara mencoba/membakai produk tersebut, jika produk mebel tersebut di pakai, maka pemakai akan merasa sangat nyaman, produk mebel juga sangat kokoh ketika di gunakan. Disamping itu, yang perting dari sebuah kontruksi mebel jati yaitu Simetris.

Mebel jati tidak terdapat Cocoh
Cocoh ialah lubang-lubang kecil yang terdapat di kayu jati, cocoh terjadi karena kayu jati di buat rumah oleh serangga kecil yang menyebabkan terjadi bubuk di kayu jati.  Ciri-ciri mebel yang terkena cocoh ialah adanya lubang kecil di kayu jati sehingga mebel dari jati tersebut rapuh dalamnya. mebel yang memakai kayu cocoh biasanya tidak mampu bertahan lama. untuk itulah hindari  membeli mebel kayu jati yang terdapat cocoh dan bukuk kayu. sebisa mungkin pilih mebel jati dengan bahan kayu yang bebas cocoh.
Namun cara yang paling mudah dalam memantau serta memilih bahan furniture dari kayu jati adalah dengan melihat finishingnya. Jika finishing tampak mulus, maka bisa dipastikan bahwa kayunya juga bagus, disamping itu, daerah asal jatu juga menentukan kualitas. Yang terbaik saat ini adalah dari Jawa Timur, setelah itu Jawa Tengah dan Jawa Barat menyusul*. Tak heran, produk asal Jawa Timur harganya relatif lebih mahal dari daerah lain. Hal ini tentu saja disebabkan oleh kualitas yang berbeda yang ditentukan oleh kandungan tanah yang beragam di tiap daerah. Dengan memperhatikan beberapa tips diats, anda bisa mendapatkan produk mebel dari kayu jati terbaik dengan harga yang setara dan sesuai dengan kualitasnya.
*dari berbagai sumber terpercaya
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger