Template information


Home » » Hakekekat Sebuah Kesuksesan

Hakekekat Sebuah Kesuksesan


Kesuksesan adalah merupakan hal yang mutlak diinginkan oleh setiap orang, tiap insan pastinya berusaha mencapai kesuksesan tersebut. Sukses dalam artian dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam hidupnya. Setiap orang tentu memiliki perbedaaan tersendiri dalam memaknai kesuksesan hidup. Dan dalam jangka waktu tertentu.

 Misalnya seorang siswa yang sedang menempuh studi di sebuah institusi pendidikan, tentu yang menjadi tolak ukur kesuksesannya adalah selesainya proses pendidikan yang ditempuhnya dengan hasil yang semaksimal mungkin. Seseorang yang menempuh suatu karir yang sedang digelutinya kesuksesannya adalah apabila karirnya menjadi maju dan banyak memperoleh hasil. seseorang yang sedang terkena penyakit letak kesuksesannya adalah kesembuhan dari penyakit yang dideritanya saat itu.
Pendek kata ukuran kesuksesan masing-masing individu terletak dari apa yang diinginkan pada suatu waktu dan dalam waktu tertentu pula.
Namun terkadang orang akan merasa kecewa yang berlebih apabila sesuatu yang diinginkan atau dicita-citakannya menemui jalan buntu alias sesuatu yang menjadi ukuran kesuksesannya tidak dapat dicapainya, bahkan tidak jarang orang akan mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidup lantaran perasaan sakit dan kekecewaan yang berkepanjangan.
Padahal dalam hidup ini, yang kita butuhkan adalah berusaha dan terus berusaha, dengan selalu berlapang dada, akan selalu siap dengan apa yang akan terjadi pada dirinya. Karenanya orang yang memili kesiapan atu keridhoan seperti ini hatinya akan selalu tenang tenteram tidak akan menyalahkan nasib.
Orang seperti ini akan selalu melihat atau memandang sisi positif dibalik segala hal yang terjadi pada dirinya, tidak lantas menyalahkan diri sendiri atau orang lain, dia dapat menerima segala kemungkinan terburuk sekalipun dengan lapang dada.
Dibalik itu pribadi seperti ini akan menyadari hikmah dibalik kegagalannya. Mungkin dibalik kegagalan tersebut ada rahasia tersendiri yang belum dapat difahami olehnya. Dan seandainya dia bersabar serta ridho maka dalam waktu yang tidak akan lama dia akan mendapatkan lebih dari yang dia harapkan.
Orang yang hatinya tenang tenteram itulah yang disebut dengan “nafsul muthma’innah” artinya jiwa yang tenang yaitu jiwa yang ridho serta diridhoi oleh Tuhanya.
Mungkin kita masih ingat kisah seorang yang mengeluh kepada seorang kyai yang menasehatinya untuk bersabar akan kehilangan kenderaan yang di milikinya tentu tidak akan mengalami hal yang lebih menyedihkan yaitu kehilangan seluruh keluarga yang di cintainya lantaran musibah yang disebabkan kecelakaan kenderaannya yang dulu sangat disayanginya.
Namun berhasil tidaknya usaha tergantung Yang maha Kuasa. Dalam mencapai kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai apa yang kita usahakan sedikitnya ada empat hal yang harus dilalui oleh seorang yang beriman

Pertama: sesuatu hal terpenting yang harus dilalui oleh seorang yang ingin sukses dalam mencapai apa-apa yang diinginkan adalah berdo’a, berdo’a disini dimaksudkan sebagai awal dari proses untuk mencapai suatu tujuan agar apa yang kita inginkan agar mendapat barokah dari Allah SWT, meskipun hanya ucapan “Bismillah”  yang kita ikrarkan pada setiap mengawali pekerjaan.
Kedua: setelah kita melakukan do’a lalu kita lanjutkan dengan usaha yang maksimal, usaha yang memang mengarah kepada pencapaian tujuan tersebut dengan tetap melangkah pada jalan yang semestinya dilalui, dan tanpa melanggar syari’at.
Ketiga: yang selanjutnya adalah bersabar, bersabar dalam artian tidak lekas putus asa ketika apa yang telah kita usahakan mengalami kebuntuan atau kesulitan.
Keempat: setelah kita lalui ketiga hal tersebut hal selanjutnya adalah bertawakkal, yang dimaksud tawakkal disini adalah menyerahkan seutuhnya kepada kehendak Allah setelah kita merasa telah berdoa, berusaha dengan terus bersabar.
Kelima: adapun yang terakhir, yang perlu kita tanamkan pada diri kita adalah perasaan ridho dengan apapun yang akan terjadi dengan apa yang telah kita usahakan, baik hal yang kita inginkan tadi tercapai atau tidak.
Orang yang tidak siap dengan segala kemungkinan yang terjadi akan merasa sedih yang berkepanjangan apabila sesuatu yang dicita-citakan atau sesuatu yang diinginkannya menemui kegagalan.
 Namun Sebaliknya bagi orang yang telah tertanam pada dirinya perasaan ridho atu ikhlas, maka dia akan dapat memaknai kehidupan ini dengan lebih berlapang dada serta dengan keluasan hati.
Kegagalan demi kegagalan dalam hidup itu bukanlah sesuatu hal yang harus ditangisi dan disesali, justru merupakan cambuk untuk lebih giat serta lebih serius lagi untuk mencapai sesuatu yang akan kita raih dengan tetap konsisten untuk berbuat yang lebih baik lagi.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MY BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger